Sebelum Berangkat Berlibur, Cek Beberapa Kondisi Bus Ini

By admin Rabu, 9 Oktober 2019 - 04:37

Siap berlibur bersama dengan rombongan kantor atau sekolah bukan berarti sekedar mempersiapkan barang yang akan digunakan untuk berlibur. Jika Anda adalah salah satu panitia yang mempersiapkan liburan maka jangan lupa untuk mengecek ulang kondisi bus. Anda perlu mengecek jenis bus yang digunakan pada saat memesan beberapa minggu sebelumnya.

pengecekan interior bus

Sebelum keberangkatan atau pada saat bus tiba untuk menjemput penumpang, ada baiknya juga Anda mengecek segala kelengkapan interiornya. Pada saat memesan bus, Anda harus memastikan jenis bus yang digunakan masih baru serta memiliki kamar mandi. Cobalah untuk menanyakan kepada tempat sewa bus pariwisata apakah bus yang disewakan termasuk baru. 

Semua kesiapan bus baik itu kondisi mesin dan orang yang mengendarainya harus tepat. Jika tidak keamanan perjalanan liburan bisa terancam. Jadi janganlah sembarangan untuk memilih tempat sewa bus, ada baiknya jika Anda membandingkan beberapa tempat sebelum menentukan pilihan. 

Kondisi Bus yang Harus Dicek Sebelum Keberangkatan

interior bus

Sama halnya ketika Anda berencana menyewa bus, pengecekan bus yang sudah sampai di lokasi penjemputan juga harus dilakukan sekali lagi. Pengecekan yang kedua ini berfokus pada kondisi interior bus. Bisa saja tempat sewa bus pariwisata yang Anda pilih tidak memenuhi janjinya untuk menggunakan bus yang dipilih di awal. Jika hal itu terjadi, Anda bisa mengajukan komplain sebelum berangkat. 

Apa saja yang harus dicek dalam interior bus sebelum keberangkatan? Berikut ini beberapa hal yang harus dicek terlebih dahulu. 

  • Kebersihan.

Hal pertama adalah kebersihan dalam ruangan. Bus yang digunakan bisa saja baru, tetapi belum dibersihkan dari pemakaian yang sebelumnya. Sehingga masih tertinggal beberapa sampah di lantai atau di tempat duduk. Cek juga apakah bus menyediakan tempat sampah di beberapa titik seperti di bagian depan, dan belakang. 

  • Kondisi AC.

Bagian interior lainnya adalah fungsi AC. Ketika bus menjemput, Anda harus merasakan ruangan terasa dingin. AC yang dinyalakan berfungsi dengan baik, tidak ada yang menetes dan mengotori tempat duduk penumpang. AC sangat penting untuk tetap menjaga kenyaman penumpang selama perjalanan. Ada dua jenis AC yang biasanya digunakan yaitu AC central dan AC di setiap tempat duduk penumpang. 

  • Ketersediaan selimut.

Selimut sangat penting untuk penumpang yang tidak tahan dengan dinginnya AC di dalam bus. Tetapi tanpa AC akan membuat penumpang lebih tidak nyaman lagi. Sehingga untuk mengatasi masalah dingin di dalam ruang bus, setiap penumpang harus mendapatkan selimut. Selimut yang diberikan juga harus baru dan wangi, jangan sampai selimut masih berbau atau kotor bekas digunakan. 

Baca juga: 5 Tips Berwisata Lintas Pulau yang Aman dan Nyaman

  • Tersedia tempat penyimpanan barang.

Di atas kursi penumpang harus ada tempat untuk menyimpan barang berbentuk rak. Pastikan kembali bahwa rak yang digunakan kuat untuk menyangga barang. Rak harus cukup luas dan terpasang dengan kuat. Sehingga ketika barang disimpan di atas tempat duduk penumpang tidak mudah jatuh atau rusak dan terjadi kecelakaan. 

  • Kenyamanan tempat duduk.

Bersih dan wangi adalah interior bus pariwisata yang ideal. Salah satunya adalah tempat duduk yang digunakan harus wangi dan memiliki lapisan kain yang bersih tidak ada kotoran. Artinya tempat duduk telah dibersihkan dan nyaman untuk digunakan penumpang. Tempat duduk juga masih kuat untuk menyangga penumpang dan tidak goyang. Jarak antar tempat duduk setidaknya cukup luas. Cobalah untuk duduk di salah satu tempat duduk untuk memastikan kenyamanannya. 

Cobalah untuk memastikan kenyamanan interior bus yang telah disewa setengah jam sebelum jam keberangkatan. Pastikan tempat sewa bus pariwisata Jakarta yang dipilih tidak mengecewakan dan perjalanan liburan tetap nyaman.