Cara Merawat Bus Pariwisata yang Benar

By admin Jumat, 15 November 2019 - 04:21

Liburan bersama keluarga atau sahabat adalah hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kepenatan setelah menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak. Dari begitu banyak hal yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi. Bus adalah salah satu yang memberikan benefit di bidang pariwisata kepada wisatawan. Selain dapat menampung lebih banyak orang, bus pariwisata memiliki kelebihan di antara alat transportasi lainnya; seperti desain interior yang memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang, serta lebih cocok digunakan untuk perjalanan jauh dan melewati berbagai macam medan.

Tips Perawatan Bus oleh Penyedia Jasa Sewa Bus Pariwisata

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, bus pariwisata tentu membutuhkan perawatan yang lebih pula. Oleh karena itu, berikut beberapa tips perawatan bus bagi Anda yang berniat menggunakan jasa sewa bus pariwisata jakarta solo ataupun kota lainnya.

1. Disiplin Mengganti Oli Mesin

Oli Mesin

Meskipun sudah mengetahui bahwa oli memiliki peran penting dalam kinerja mesin, masih saja ada sebagian orang yang suka menyepelekan dengan menunda mengganti oli yang sudah menghitam. Akibatnya, perjalanan dapat terganggu di tengah jalan akibat mesin bus pariwisata yang aus.

2. Cek Kondisi Kelistrikan Bus 

Kelistrikan Bus

Tidak seperti mobil rental biasa, penyedia jasa sewa bus pariwisata seperti kami ini perlu lebih memerhatikan kondisi kelistrikan. Jangan sampai AC (Air Conditioner) dalam bus mati di tengah perjalanan, hal tersebut tentunya sangat berefek terhadap kenyamanan penumpang. Selain itu, saat ini kebanyakan bus sudah memiliki slot charger untuk telepon genggam, yang sangat dibutuhkan apabila baterai telepon genggam lemah.

3. Cegah Mesin Bus dari Panas Berlebih

Mesin Bus

Cuaca panas ekstrem ditambah tidak tersedianya water cooler, dapat menyebabkan overheat atau panas berlebih pada mesin, hal ini sangat berbahaya bagi orang-orang di dalam bus. Bahkan konsekuensi terburuk yang harus Anda hadapi adalah kebakaran pada bagian mesin yang bisa menghanguskan bus. Untuk  mengantisipasi hal tersebut, disarankan untuk rutin memeriksa kondisi engine cooler, baik berupa water cooler ataupun teknologi pencegah panas berlebih lainnya pada bus.

4. Lakukan Pengecekan Kondisi Ban Secara Rutin

cek Kondisi Ban

Ada satu  lagi part atau bagian yang memerlukan perhatian dan perawatan khusus pada bus, yaitu selain dari kelistrikan, oli dan cooler pada mesin. Bagian ini merupakan esensi dari bus itu sendiri, karena tanpanya bus hanya bisa diam di tempat; yap betul sekali, bagian tersebut adalah ban. Pengemudi wajib memeriksa keadaan ban secara berkala, karena bisa jadi ada benda-benda tajam yang menancap ke ban, serta untuk mengantisipasi jika saja ketebalan ban mulai menipis. Kurangnya perhatian dan perawatan pada ban dapat mengakibatkan perjalanan wisata Anda kandas di tengah jalan, masih lebih beruntung apabila ban yang rusak masih bisa diperbaiki, namun jika kerusakan ban sudah terlalu parah,  maka Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli ban baru. Disarankan pula untuk membawa ban cadangan.

5. Bersihkan Interior Bus dari Debu Secara Rutin dengan Vacuum Cleaner

Interior Bus

​​​​​​Debu akan selalu ada di setiap tempat, jangan mengira karena pintu bus selalu tertutup maka otomatis tidak akan ada debu yang masuk. Tentu saja hal itu tidak benar, karena penyumbang terbesar dari keseluruhan debu yang ada di dalam bus berasal dari wisatawan. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan pembersihan secara rutin agar debu tersebut tidak semakin menumpuk.

Itulah tadi beberapa tips perawatan bus bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan jasa. Selain untuk menambah wawasan, semoga poin-poin dari Busgracias.co.id penjelasan tadi dapat membuat kita semakin sadar dan peka untuk senantiasa menjaga dan melakukan perawatan terhadap bus pariwisata. Yang mana semua hal itu dilakukan tidak lain demi kenyamanan dan keamanan diri kita sendiri.